Cara Mudah Membuat Visa Turis ke RRT (Tiongkok)

Cara Mudah Membuat Visa Turis ke Republik Rakyat Tiongkok

Tidak perlu menggunakan pihak ketiga untuk mengurus pembuatan visa ke Tiongkok. Ikuti panduan berikut ini dan Anda akan mendapatkan visa Anda dengan mudah!

Pemandangan alam yang indah serta berbagai tempat wisata yang mendunia seperti Tembok Besar Cina, Forbidden City, Jiu Zhai Gou, dan Sungai Yang Shuo, menjadikan Cina sebagai salah satu destinasi liburan favorit warga Indonesia. Untuk pergi berlibur ke Cina, Anda wajib memiliki visa.

Kepengurusan visa Cina tergolong sedikit berbeda dengan negara lain. Pada umumnya kedutaan besar negara yang bersangkutan akan mengurus langsung pembuatan visa, namun untuk pengerjaan visa Cina dikelola oleh sebuah agen khusus. Hal ini terjadi karena besarnya peningkatan permintaan pembuatan visa Cina. Maka dari itu, Kedutaan Besar Cina dan Konsulat Jenderal memperkenalkan sistem Visa Application Service Centre atau yang biasa disebut dengan Visa Centre.

Visa Centre merupakan agen layanan komersial yang terdaftar sesuai hukum dan peraturan setempat. Kedutaan Besar Cina mengakui agen ini untuk menangani pekerjaan rutin sehari-hari berkaitan dengan proses pengajuan aplikasi visa biasa.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan ketika membuat visa Cina :

1. Memulai proses pengajuan visa Cina secara online. Masuk ke situs Visa Centre di www.visaforchina.org.

Pilih “Step by Step Guidance” untuk membantu Anda mendapatkan visa

Pilih “as a tourist” untuk kolom “tujuan berkunjung”

Setelah selesai, Anda akan dibawa ke halaman “Syarat dan Ketentuan”. Ikuti prosedurnya, dan pilih “next”.

2. Persiapan Dokumen

Di halaman berikutnya, terdapat informasi mengenai dokumen-dokumen yang Anda perlu siapkan untuk mengajukan visa, seperti:

Paspor asli dengan masa berlaku minimal 6 bulan setelah tanggal kepulangan
Pas foto berwarna terbaru ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar dengan latar belakang putih
Fotokopi halaman paspor yang berisi jati diri dan alamat
Bukti tiket pesawat yang sudah dikonfirmasi
Bukti pemesanan hotel yang sudah dikonfirmasi
Itinerary (jadwal perjalanan) selama kunjungan ke Cina
Permohonan visa untuk anak-anak diwajibkan memberikan keterangan tambahan berupa : nama dan alamat sekolah, kartu keluarga, serta fotokopi KTP, paspor, dan visa Cina orang tua

3. Pengisian formulir

Setelah persiapan dokumen selesai, Anda harus mengisi formulir aplikasi. Ada 2 cara pendaftaran yang disediakan, secara online maupun manual. Untuk proses pendaftaran online, Anda bisa mengisi data diri langsung di website. Sementara untuk proses manual, Anda harus mengunduh formulir yang tersedia di website. Kami menyarankan agar Anda mengajukan pendaftaran secara online karena prosesnya lebih mudah.

Pilihan untuk mengisi formulir secara online atau manual. Silakan pilih mana yang lebih nyaman untuk Anda.


Di langkah paling pertama, pada bagian Location (city) of Application Centre, Anda perlu memilih lokasi di mana Anda akan mengumpulkan formulir aplikasi beserta data-data yang sudah Anda siapkan. Di Indonesia, Anda bisa memilih antara Jakarta, Surabaya, atau Medan.

Isilah data diri pribadi beserta informasi mengenai data perjalanan Anda sesuai proses yang ada


Setelah semua data selesai diisi dengan benar, maka pilih download dan cetak. Setelah dicetak, pastikan Anda menandatangani dan menulis tanggal pengisian pada formulir aplikasi.

4. Pengumpulan Dokumen dan Formulir Aplikasi di Visa Centre

Setelah Anda mengisi formulir aplikasi dan melengkapi dokumen yang dibutuhkan, Anda bisa datang ke Visa Centre yang tersedia di 3 kota, yakni:

Jakarta: The East Building, Unit 6, 2nd Floor, Jl, DR. Ide Anak Agung Gde Agung Kav.E 3.2 no.1 South Jakarta 12950, Indonesia.
Surabaya: SPAZIO - 502 Kompleks Graha Festival Kav No.3,Jalan Mayjend Yono Soewoyo Graha Famili, Surabaya
Medan: Royal Condominium Tower B, 2nd, Palang Merah-Sukamulia No.1 Kelurahan Medan Aur,20151, Medan-Sumatera Utara
Visa Centre akan melayani Anda hari Senin-Jumat pada pukul 09.00-15.00 untuk pengumpulan aplikasi dan 09.00-16.00 sore untuk pembayaran dan pengambilan visa. Setelah semua selesai dikumpulkan, Anda akan mendapatkan tanda terima untuk nantinya Anda mengambil visa Anda ketika sudah selesai.

5. Pengambilan Visa

Lama pengerjaan visa adalah lebih kurang sekitar 4 hari kerja. Akan tetapi, Anda sebaiknya mengecek terlebih dahulu status visa Anda melalui website www.visaforCina.org sebelum berangkat ke Visa Centre.

Jika status visa Anda sudah berada dalam proses “processing result has been returned in Visa Center”, berarti visa Anda sudah selesai dan Anda dapat datang ke Visa Centre untuk mengambilnya.

6. Pembayaran

Setelah mendapatkan visa, Anda dapat melakukan pembayaran di Visa Centre secara langsung, baik secara tunai, kartu kredit, atau kartu debit, sesuai dengan harga yang tertera di website.